Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Pekerjaan


Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat Lamaran kerja adalah surat yang dibuat sepanjang satu halaman penuh yang berisi tentang informasi pelamar kerja dan permohonan untuk menempati posisi tertentu, biasanya surat lamaran kerja dikirim beserta surat riwayat. Dalam penulisan surat lamaran kerja, terdapat tiga paragraf penting yang harus anda perhatikan dengan cermat, paragraf pertama berisi tentang bagaimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut dan juga posisi yang ingin anda tempati dan juga alasan anda mengapa menginginkan posisi tersebut, ayo katakan dengan jujur, mau uang atau menambah pengalaman anda dan atau untuk mengembangkan diri anda sendiri. Paragraf kedua berisi tentang ketrampilan anda, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, atau sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan anda sendiri yang berkaitan dengan lowongan tersebut dan yakinkanlah pembaca surat anda bahwa anda memang benar-benar cocok untuk bekerja di sana dan ini sangat penting menurut saya. Di bagian paragraf ketiga tuliskanlah perasaan anda bila diundang untuk tes wawancara dan pastikan anda dapat dihubungi kapanpun di manapun untuk memastikan waktu dan tempat untuk mengikuti tes wawancara. Dalam penulisan surat lamaran kerja yang anda buat pastikan menulis nama perusahaan dan posisi yang anda inginkan dengan benar dan jangan lupa untuk membaca kembali surat anda untuk mengecek tulisan dan tata bahasa anda. Selamat bekerja.

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan.

Struktur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Sesuai EYD)

Penulisan surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang baik, sopan dan simpatik agar menarik hati orang yang memberikan lowongan pekerjaan tersebut. Dalam penulisan tersebut, kamu juga harus menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif, penggunaan bahasa baku, serta ejaan yang tepat dan benar. Semua itu harus ditulis atau diketik dengan rapi dan jelas.
Saat menulis surat lamaran pekerjaan, selain memperhatikan sistematikanya, kamu pun harus memperhatikan penggunaan kebahasaannya, seperti struktur, diksi, kejelasan kalimat, kaitan antarkalimat, dan EYD.

Dalam hal struktur, kamu dapat melihat dari susunan kalimat, seperti contoh ini :
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. ( benar)
Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih. (salah)

Diksi atau pilihan kata dalam surat lamaran pekerjaan harus tepat. Hal ini dapat dilihat dalamcontoh berikut.
Dengan hormat, (benar)
Dengan salam, (salah)

Penggunaan kalimat pun harus disingkat dan jelas. Jangan menulis dengan panjang lebar karena akan membuat jenuh saat membacanya. Berikut contoh kalimat yang singkat, tetapi jelas
Dmikian permohonan saya, agar dapat dipertimbangkan.

Adapun mengenai kaitan antarkalimat (kohesi), haruslah saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. Selain itu tanda baca pun harus diperhatikan.
Contoh :
PT. GAS Surabaya (salah)
Seharusnya “PT” tidak diikutu dengan tanda baca titik (.)
PT GAS Surabaya (benar)

Adapun lampiran surat lamaran pekerjaan diantaranya ialah :
1. fotokopi identitas diri;
2. fotokopi ijazah terakhir;
3. surat keterangan kelakuan baik;
4. surat keterangan pencari kerja;
5. daftar riwayat hidup;
6. foto.

Surat lamaran pekerjaan biasanya dibuat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di surat kabar atau majalah. Adapula yang berdasarkan iklan media elektronik seperti radio dan televisi.penulisannya harus mencantumkan iklan media cetak tersebut.
Atas dasar apa atau dari mana informasi lowongan pekerjaan itu didapatkan.selain itu anda harus mencantumkan curriculum vitae. Kemudian, jelaskan pula beberapa kemampuan yang kita miliki :nilai jual”sehingga dapat “dibeli” oleh perusahaan. Kita harus jujur menuliskan segala hal yang berkaitan dengan kita sebab hal ini merupakan langkah awal untuk tampil sebagai seorang professional sejati. Akhirnya, kita mencantumkan cap diri atau tanda tangan sebagai bukti tanggung jawab atas beberapa keterangan dalam surat tersebut. Setelah itu, kamu dapat membuat surat lamaran pekerjaan bedasarkan iklan lowongan kerja.

Surat lamaran pekerjaan barfungsi mengajukan permohonan untuk berkerja disuatu perusahaan atau seseorang dengan syarat- syarat yang ditentukan, seperti diperuntukan bagi pria dan wanita, pendidikan SMA, dan usia minimal 20 tahun, dan sebagainya

Unsur-unsur dalam pembuatan surat lamran kerja:

Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat unsur- unsur surat, yaitu :
1. kepala surat
2. alamat yang dituju
3. tanggal penulisan surat
4. salam pembuka
5. pembuka surat
6. isi
7. identitas atau jati diri pelamar
8. tujuan surat lamaran pekerjaan
9. lampiran persyaratan yabg ditentukan
10. penutup surat
11. tanda tangan dan nama jelas pelamar

Karena sifatnya memohon dan berkeinginan untuk dikabulkan, maka dalam menulis surat lamaran perlu memperhatikan hal- hal berikut ini :
1. pergunakan kertas putih dan bersih.
2. sebaiknya ditulis tangan dengan menggunakan bolpoin tinta hitam atau sesuai dengan permintaan.
3. menggunakan bahasa yang efektif dan bersahaja dengan kalimat yang singkat dan jelas.
4. memenuhi syarat- syarat yang diminta dengan melampirkan bukti fisiknya.

Sistematika dan Ciri Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika Surat Lamaran Kerja :
1. Tempat dan Tanggal Lahir
2. Lampiran dan perihal
3. Alamat surat
4. Salam pembuka
5. Alinea pembuka
6. Isi
7. Penutup
8. Tanda tangan dan nama terang

Ciri-ciri Surat Lamaran Pekerjaan :

1. Tempat dan tanggal
Tempat dan tanggal ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir, karena bukan merupakan kalamat.
Contoh : Bumiayu, 28 Agustus 2013

2. Lampiran dan perihal
Ø Kata ‘Lampiran’ dan ‘perihal’ tidak disingkat seperti lamp. atau hal.
Ø Angka dalam kolom lampiran ditulis menggunakan huruf.
Contoh :
Lampiran : Empat lembar
Perihal : Pemberitahuan

3. Alamat surat
Ø Tidak menggunakan kata “Kepada”
Ø Alamat disarankan tidak lebih dari tiga baris
Ø Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti bapak atau ibu
Ø Tulisan “Jalan pada alamat tidak boleh disingkat
Ø Tidak menggunakan titik di masing – masing akhir barisnya
Contoh :
Yth. Manager Sukses Mandiri
Jalan M. Yamin No. 02, Kalibata
Jakarta

4. Salam Pembuka
Ø Setelah kata “Dengan Hormat” menggunakan koma
Ø Kata dengan hormat sebaiknya dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa juga tetap dapat digunakan.
Contoh :
Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . . . ( yang dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . ( tetap dapat digunakan )

5. Alinea pembuka
Dalam alinea pembuka sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta membuat instansi yang membacanya tidak tersinggung.

6. Isi
Dalam isi terdapat :
Ø Identitas
Yaitu keterangan berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat dtambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Dalam menuliskan keterangan diatas, awalan kata tidak menggunakan huruf besar.
Contoh :
nama : Nitriana Safitri
tempat tanggal lahir : Jakarta, 7 Januari 1995
pendidikan terakhir : S1 Sastra Inggris
alamat : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273

Ø Maksud dan tujuan
Merupakan keterangan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat itu.

Ø Menyatakan lampiran
Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang telah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja, maka sang pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut.
Dalam lampiran ini setiap akhir kalimatnya menggunakan tanda titik dua, dan di akhir lampiran mengggunakan titik.
Contoh :
1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir;
2. Fotokopi kartu tanda penduduk;
3. Foto ukuran 3x4 dua lembar.

7. Penutup
Dalam penutup kita harus menunjukan keantusiasan kita dalam melamar pekerjaan pada instansi yang kita tuju.
Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan . . . . . . . . .

8. Tanda tangan dan nama terang
Tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, kemudiandibawahnya ditulis nama lengkap.
Contoh : Hormat saya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »