RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 021
Bangkinang Kota
Kelas /
semester : II / 1
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Tema : Kegiatan
A. Standar Kompetensi
IPS : 1. Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara
kronologis
PKN : 1. Membiasakan hidup
bergotong royong
Matematika : 1. Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan
sampai
500
B. Kompetensi Dasar
IPS : 1.1 Memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga
miliknya
PKN : 1.1 Mengenal pentingnya hidup
rukun, saling berbagi dan
tolong
menolong.
Matematika : 1.1 Membandingkan bilangan sampai
500
C. Indikator
1.
IPS
Kognitif :
1.1.1 Menyebutkan pengertian dokumen
Afektif
: 1.1.2 Mengklasifikasikan macam-macam
dokumen
pribadi dan keluarga
Psikomotor : 1.1.3 Mengidentifikasikan pentingnya merawat
dokumen
2. PKN
Kognitif : 1.1.1 Menjekaskan pengertian
hidup rukun, saling berbagi
dan
tolong menolong
Afektif : 1.1.2 Mengklasifikasikan
manfaat hidup rukun
Psikomotor : 1.1.3 menarik contoh dari hidup
rukun, saling berbagi dan
tolong
menolong.
3.
Matematika
Kognitif : 1.1.1 Menulis lambang bilang sampai
500
Afektif : 1.1.2 Menunjukkan urutan
bilangan
Psikomotor : 1.1.3 Mengumpulkan bilangan dengan
menggunakan
istilah
lebih dari (>) atau kurang dari (<)
D. Tujuan Pembelajaran
1.
IPS
a.
Kognitif
1.1.1
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengertian dokumen dengan benar.
b.
Afektif
1.1.2
Melalui diskusi kelompok, siswa
dapat mengklasifikasikan macam-macam dokumen pribadi dan keluarga dengan
benar.
c.
Psikomotor
1.1.3
Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengidentifikasi
pentingnya merawat dokumen dengn baik dan cermat.
2.
PKN
a.
Kognitif
1.1.1
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong dengan mandiri.
b.
Afektif
1.1.2
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengklasifikasikan
manfaat
hidup rukun dengan benar
c.
Psikomotor
1.1.3
Dengan bimbingan guru, siswa dapat menarik contoh
dari hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
3.
Matematika
a.
Kognitif
1.1.1
Melalui Tanya jawab, siswa dapat menulis lambang bilang sampai 500
dengan benar.
b.
Afektif
1.1.2
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan
urutan bilangan
c.
Psikomotor
1.1.3
Dengan bimbingn guru, siswa dapat mengumpulkan
benda dengan menggunakan istilah lebih dari (>) atau kurang dari (<)
E.
Materi Ajar
IPS : Dokumen pribadi dan
keluarga
PKN : kerukunan
Matematika : Operasi hitung bilangan
F. Metode pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi kelompok
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (± 10 Menit)
a.
Menyiapkan alat dan media pembelajaran
b.
Mengkondisikan siswa untuk belajar
c.
Berdoa
d.
Apersepsi yang dilakukan adalah mengulang materi
pembelajaran yang sebelumnya
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
a)
Pelajaran IPS
Eksplorasi :
1)
Guru memperlihatkan gambar dokumen penting
2)
bertanya kepada siswa tentang pengertian dokumen
3)
siswa menyebutkan
macam-macam dokumen
4)
gruru bertanya kepada siswa tentang dokumen pribadi
5)
Siswa menyebutkan tujuan memelihara dokumen dan benda berharga
6)
Guru menyuruh siswa duduk secara berkelompok.
7)
Siswa duduk secara berkelompok.
Elaborasi
1)
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
2)
Siswa membedakan kegunaan dan fungsi dari dokumen
berharga
3)
Guru memperhatikan siswa yang sedang bekerja dengan teman
sekelompoknya.
4)
Perwakilan kelompok membacakan hasil kerja kelompok
masing-masing.
5)
Melalui bimbingan guru siswa dapat menggunakan koleksi
benda berharga sebagai sumber cerita
Konfirmasi :
6)
Pengukuhan konsep
7)
Guru mengapresiasi hasil belajar siswa.
b)
Pelajaran PKN
Eksplorasi :
1)
Guru memperlihatkan gambar hidup rukun
2)
bertanya kepada siswa tentang bagaimana hidup rukun di
sekolah ataupun dirumah
3)
siswa menyebutkan
contoh hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
4)
gruru bertanya kepada siswa tentang tolong menolong
5)
Siswa menyebutkan manfaat hidup rukun
6)
Guru menyuruh siswa duduk secara berkelompok.
7)
Siswa duduk secara berkelompok.
Elaborasi
1)
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
2)
Siswa membedakan kegunaan dan manfaat dari hidup rukun
3)
Guru memperhatikan siswa yang sedang bekerja dengan teman
sekelompoknya.
4)
Perwakilan kelompok membacakan hasil kerja kelompok
masing-masing.
5)
Melalui bimbingan guru siswa dapat membedakan antara
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Konfirmasi :
6)
Pengukuhan konsep
7)
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa.
c)
Pelajaran Matematika
Eksplorasi :
1)
Guru memperlihatkan gambar bilangan
2)
bertanya kepada siswa tentang bilangan sampai 500
3)
siswa menentukan
bilangan sampai 500
4)
gruru bertanya kepada siswa tentang urutan bilanagan
5)
Siswa mengumpulkan benda dengan menggunakan istilah lebih
dari(>)
6)
Guru menyuruh siswa duduk secara berkelompok.
7)
Siswa duduk secara berkelompok.
Elaborasi
1)
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
2)
Siswa membedakan bilangan yang lebih (>) besar dan
lebih kecil (<)
3)
Guru memperhatikan siswa yang sedang bekerja dengan teman
sekelompoknya.
4)
Perwakilan kelompok membacakan hasil kerja kelompok
masing-masing.
5)
Melalui bimbingan guru siswa dapat menggunakan bilangan
sampai 500
Konfirmasi :
6)
Pengukuhan konsep
7)
Guru memberika apresiasi terhadap hasil belajar siswa
3.
Kegiatan penutup
a.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.
Guru memberikan latihan tes tertulis
H. Media dan Sumber Belajar
1.
IPS
a)
Alat dan bahan :
Gambar dokumen penting dan alat peraga
seperti : gambar akte, kartu keluarga ataupun foto
keluarga.
b)
Sumber
1)
KTSP
2)
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 2 SD untuk
pengarang Endang Susilaningsih penerbit Pusat Perbukuan Departemen pendidikan
nasional
3)
Buku paket IPS kelas2 lainnya yang relevan
2.
PKN
a)
Alat dan bahan :
Gambar hidup rukun dan tolong menolong
b)
Sumber
1)
KTSP
2)
Buku Pendidikan Kewarganegaraan 2 untuk SD/MI Kelas 2 SD
penerbit Pusat Perbukuan Departemen pendidikan nasional
3)
Buku paket PKN kelas2 lainnya yang relevan
3.
Matematika
a)
Alat dan bahan :
Gambar bilangan
b)
Sumber
1)
KTSP
2)
Buku matematika SD kelas 2, penerbit erlangga
3)
Buku paket MTK kelas2 lainnya yang relevan
I.
Penilaian Hasil Belajar
1.
IPS
a)
Prosedur : Lisan, tulisan, dan perbuatan
b)
Bentuk soal :
Uraian
c)
Jenis tes : Tanya jawab, lisan, pengamatan,
essay
d)
Proses
1)
Awal :Tanya jawab tentang pengertian dokumen
penting
2)
Proses :Menentukan keaktifan siswa dan
berpartisipasi
dalam berdiskusi dan
menyelesaikan tugasnya.
3)
Akhir :Menjawab soal secara tertulis
2.
PKN
a.
Prisedur :
Lisan, tulisan dan perbuatan
b.
Bentuk soal :
uraian
c.
Jenis :
Produk dan unjuk kerja
d.
Poses
1)
Awal :Tanya jawab tentang pengertian hidup
rukun,
saling berbagi dan tolong
menolong
2)
Proses :Menentukan
keaktifan siswa dan berpartisipasi
dalam berdiskusi dan
menyelesaikan tugasnya.
3)
Akhir :Menjawab
soal secara tertulis
3.
Matematika
a)
Prosedur : Lisan, tulisan
b)
Bentuk soal :
Uraian
c)
Jenis tes :
Tanya jawab, tulisan, essay
d)
Proses
1)
Awal :Tanya
jawab tentang bilangan sampai 500
2)
Proses :Menentukan keaktifan siswa dan
berpartisipasi
dalam berdiskusi dan
menyelesaikan tugasnya.
3)
Akhir :Menjawab
soal secara tertulis
URAIAN MATERI
1.
IPS
a. Dokumen
Dokumen adalah sesuatu yang tertulis atau tercatat
dan dipakai sebagai bukti nyata. Dokumen dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1) Dokumen pribadi , seperti foto, akta kelahiran,
piagam, ijazah, KTP, rapor, SIM, dll.
2) Dokumen keluarga , seperti album, kartu keluarga, sertifikat rumah, dll.
b. Koleksi Benda Berharga
Koleksi benda
berharga adalah benda-benda yang kita miliki yang dianggap mempunyai nilai
tambah. Benda berharga dalam keluarga, antara lain :
1)
Televisi
2)
Mobil
3)
Lemari es (
kulkas )
4)
Uang
5)
Jam dinding
6)
Perhiasan
7)
Telepon, dll.
c.
Cara
Memelihara Dokumen dan Koleksi Benda Berharga
1)
Foto
: dimasukkan album, disampul plastik, dimasukkan pigura, dll.
2)
Akta
kelahiran, piagam, ijazah, KTP, Kartu Keluarga, SIM, dan STNK : delaminating
3)
Album,
BPKB, kartu nikah, sertifikat, dan rapor : disampul
4)
Patung
, uang, piala, perhiasan : dimasukkan lemari
5)
Guci,
radio : diletakkan di atas buffet
6)
Jam
dinding ditempel di tembok
d.
menjaga kebersihannya :
1)
Dokumen
sebaiknya diperiksa satu bulan sekali atau dua bulan sekali
2)
Benda-benda
berharga dibersihkan minimal seminggu sekali.
e.
Tujuan
memelihara dokumen dan benda berharga :
1)
Dokumen
tidak tercecer
2)
Dokumen
terjaga kerapiannya
3)
Dokumen
terjaga kebersihannya
4)
Dokumen
awet dan tahan lama
5)
Dokumen
tidak mudah rusak
6)
Dokumen
tidak hilang
7)
Dokumen
mudah diambil bila perlu.
f.
Tempat
Menyimpan dokumen dan Barang Berharga
1)
Map
2)
Dompet
3)
Album
4)
Lemari
5)
Buffet
6)
Kotak
7)
Koper,
dll
Alat Penilaian tertulis
1.
dokumen merupakan sesuatu yang ....
a. Tertulis
b. tercecer
c. Tercoret
2.
Benda yang kita miliki dan dianggap mempunyai nilai
tambah merupakan....
a. Koleksi mainan
b. Koleksi
benda berharga
c. Benda kuno
3.
contoh dari dokumen pribadi adalah ....
a.
Kartu keluarga
b.
Surat tanah
c.
Ijazah
4.
yang bukan barang berharga keluarga adalah ....
a. lemari es
b. mobil
c. mainan
5.
Tempat menyimpan barang berharga dan dokumen
adalah ….
a. kulkas
b. buffet
c. saku
6.
jelaskan pentingnya merawat dokumen !
7.
jelaskan cara merawat dokumen dengan baik !
Skor penilaian :
2.
PKN
HIDUP RUKUN
a. Pengertian Hidup Rukun
Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong
menolong.
b. Manfaat
hidup rukun
1) Tidak
akan terjadi pertengkaran dan perselisihan.
2) Menciptakan
rasa persatuan dan kesatuan bangsa
3) Menciptakan
rasa aman dan damai
4) Memiliki
banyak teman
5) Hidup
menjadi aman dan damai
c. Akibat
tidak rukun
1) Selalu
merasa takut
2) Dibenci
oleh banyak orang
3) Hidup
tidak nyaman. Tidak
punya teman
d. Contoh hidup rukun di rumah
1) Bermain dengan adik
2) Belajar dengan kakak
3) Makan bersama keluarga
4) Membantu orang tua
5) Meminjami adik mainan
e. Contoh hidup rukun di sekolah
1) Bermain dengan teman
2) Piket bersama
3) Berbagi kue dengan teman
4) Belajar kelompok
5) Tidak mengejek teman
SALING BERBAGI
a. Pengertian Saling berbagi
Saling berbagi adalah memberikan apa yang kita miliki.
b. Contoh hidup saling berbagi di rumah :
1) Meminjami adik mainan
2) Berbagi kue dengan adik
c.
Contoh hidup saling berbagi di sekolah :
1) Berbagi kue dengan teman
2) Meminjami teman pensil
3) Meminjami penghapus teman
SALING TOLONG MENOLONG
a. Pengertian tolong menoong
Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih
antarsesama manusia. Membantu tanpa pamrih : membantu tanpa mengharapkan
imbalan. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain sehingga
manusia disebut MAKHLUK SOSIAL
b. Contoh tolong menolong di rumah :
1) Membantu kakak memperbaiki sepeda
2) Membantu adik belajar
3) Membantu orang tua membersihkan rumah
4) Membantu ayah membuat pagar rumah
c. Contoh tolong menolong di sekolah :
1) Menolong teman yang jatuh
2) Menolong teman yang kesulitan belajar
3) Membantu guru menghapus papan
4) Membantu menjaga kebersihan kelas
d. Contoh tolong menolong di masyarakat :
1) Menolong nenek menyebrang jalan
2) Membantu tetangga yang ada hajatan
3) Membantu tetangga yang terkena musibah.
MANFAAT KERJASAMA
1) Pekerjaan berat menjadi ringan
2) Pekerjaan cepat selesai
3) Mempererat tali persaudaraan
4) Menciptakan persatuan
Alat Penilaian Tertulis
1. apa artinya
hidup rukun ….
a.
hubungan buruk
b.
hubungan baik
c.
pertengkaran
2. apa akibatnya jika kita idal hidup dengan rukun…
a.
dibenci orang
b.
disayang teman
c.
menjadi kebanggaan
3. memberi apa yang kita miliki kepada orang lain
merupakan pengertian dari ….
a. hidup
rukun
b. tolong
menolong
c. saling
berbagi
4. contoh sikap
tolong menolong di sekolah adalah ….
a. mengejek
teman
b.
menolong guru menghapus papan tulis
c.
menertawakan teman yang sedang terjatuh
5. yang bukan amnfaat dari kerjasama adalah ….
a.
pekerjaan berat menjadi tambah berat
b.
mempererat tali persaudaraan
c.
menciptakan persatuan
6. menolong orang lain harus dilakukan dengan ….
7. salah satu contoh sling berbagi adalah ….
8. kita tidak boleh menolong dalam hal ….
9. salah satu manfaat hidup rukun dengan teman adalah
….
10. jika seorang teman terjatuh sebaiknya kita ….
Skor penilaian :
3. Matematika
a. bilangan sampai 500
101, 102, 103, 104,
105, 106, 107, 108, 109, 110, …. ,sampai 200
201, 202, 203, 204,
205, 206, 207, 208, 209, 210, …. , sampai 300
301, 302, 303, 304,
305, 306, 307, 308, 309, 310, …. , sampai 400
401, 402, 403, 404,
405, 406, 407, 408, 409, 410, …. , sampai 500
b. membaca lambang bilangan
contoh :
106 dibaca seratus enam
167 dibaca seratus enam puluh tujuh
489 dibaca empat ratus delapan puluh Sembilan
c. mengurutkan bilangan sampai 500
mengurutkan bilangan
dapat kita lakukan dari yang terkecil ke yang terbesar.
Contoh :
121, 125, 117, 110,
108, 124, 130
Urutkan bilangan acak
tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
Jawab : 108, 110,
117, 121, 124, 125, 130.
d. Mengumpulkan bilangan dengan menggunakan lebih dari
(>) atau kurang dari (<)
Contoh :
150 lebih dari 145
Lebih dari bisa kita
lambangkan dengan (>)
Yakni : 150 > 145
114 kurang dari 124
dilambangkan menjadi 114 < 124
Alat Penilaian Tertulis
1. Pada bilangan 103, 104, 105, ….
Urutan bilangan yang
tepat setelah 105 adalah ….
a. 107
b. 106
c. 104
2. Bilangan yang terletak antara 252 dan bilangan 254
adalah ….
a. 253
b. 256
c. 153
3. Nama bilangan 387 adalah ….
a. Tiga ratus delapan puluh tujuh
b. Tiga ratus delapan tujuh
c. Seratus delapan puluh tujuh
4. Apakah bilangan 135 …. 123
a. Lebih dari
b. Kurang dari
c. Sama dengan
5. 104, 106, 102, 108
Urutan yang benar
dari bilangan di atas dari yang kecil ke yang besar adalah….
a. 104, 106, 102, 108
b. 106, 104, 102, 108
c. 102, 104, 106, 108
Skor penilaian :